Just another WordPress.com weblog

Peran Baru…

entahlah…akhir-akhir ini jadi sering dianggap “penasehat cinta”…
padahal..pengalaman saja bisa dibilang tidak memenuhi syarat untuk dipilih sebagai penasehat dalam urusan ini.

mulai dari masalah yang biasa sampai ke masalah yang sudah terbilang serius..
hmm..
pada dasarnya saya mengambil banyak pelajaran dari setiap kisahnya..setidaknya tanpa harus mengalami hal yang sama…sedikit banyak saya menjadi tahu apa yang seharusnya dilakukan ketika seseorang mengalami hal yang sama…

tahun ini angkatan saya terbilang sudah menjadi “angkot” dikampus sehingga tak jarang banyak adik tingkat yang curhat dari mulai masalah-masalah sederhana sampai masalah yang terbilang serius atau bahkan sangat rahasia bagi mereka..

tak jarang jadi kakak panggilan..untuk adik2 yang ingin mabit (nginep) bareng untuk berbagi kebimbangan mereka…

kadang, ketika itu aku ingin menertawakan diriku sendiri yang tampak sok dewasa dan bijak di hadapan mereka..
aku berusaha jadi kakak yang baik..meskipun aku ditakdirkan tidak memiliki adik kandung..tapi di tempat ini aku memiliki banyak adik yang secara tidak langsung menjadi tanggungjawabku..

ketika mereka ingin menangis ku sediakan tubuhku untuk mereka peluk…ketika mereka merasa lelah kusediakan bahu ku untuk mereka bersandar sejenak…ketika mereka ingin bercerita kan ku siapkan telingaku untuk mendengarkan….

pelukan erat, tangis yang tertahan, airmata yang mengalir deras atau bahkan airmata yang menyembul dengan sembunyi-bunyi…entahlah mereka sadar atau pun tidak…itulah yang mereka persembahkan untuk ku..untuk aku yang sedang belajar menjadi seorang kakak.

bahkan tak jarang dari sekedar permintaan saran….berakhir pada permintaan suatu penentuan keputusan…padahal kadang keputusan itu bukan keputusan sembarangan…keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan mereka kedepannya..

dari mulai rahasia umum sampe rahasia yang tidak banyak orang tahu..bahkan diakhir cerita rahasia itu …mereka akan mengeluarkan kalian ancaman agar aku tak menceritakannya pada orang lain…

aku siap belajar jadi sosok kakak yang mereka inginkan…tapi di dasarkan hatiku ada ketakutan tersendiri…
mampukah aku untuk terus jadi sosok “wonder woman” bagi mereka?
karena aku sadar…aku takkan selamanya bisa ada untuk mereka…terutama secara fisik..
itulah perjuanganya yg sekarang sedang aku usahakan…menyadarkan mereka..bahwa diri ini tidak akan selamanya bersama mereka..

aku mengambil sebagian tanggungjawab atas mereka…bahkan ada seorang ibu yang akhirnya benar-benar menitipkan anaknya pada orang yang belum pernah beliau kenal..ibu itu menitipkan anaknya padaku..memintaku untuk merubahnya..subhanallah…aku hanya mampu berkata Maha Suci Engkau ya Rabb..berikanlah aku kekuatan untuk memenuhi permintaan ibu itu.

aku ingin tampak kuat di hadapan mereka..padahal aku tak sekuat yang mereka lihat…
mereka melihat sisi kedewasaan ku padahal sisi kekanak2an ku harus aku kerangkeng di hadapan mereka…
ya,,ini lah peran yang sedang aku lakoni..

aku berharap semoga kelak aku benar2 bisa melakonkan sebuah peran dimana aku bisa jadi diriku yang sebenarnya…

salam sayang tuk adik2ku ^^

Leave a Reply

