Just another WordPress.com weblog

kalimat yang sekarang ada dibenakku…
“inginku segera meninggalkan dunia ini…dunia seorang mahasiswa”

aku tak mengingkari kalau lah dari dunia ini (baca: dunia mahasiswa) belajar banyak hal. Bahkan sangatlah banyak……..

Mengingatkanku pada sosok mahasiswa baru yang di tahun pertama kuliahnya terus saja mempertanyakan apa saja yang seharusnya dilakukan oleh seseorang yang berlabelkan “Mahasiswa”.

dan ALLAH bersama waktu-NYA menuntut ia menemukan satu per satu jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya ketika itu. Melalui orang-orang di sekitarnya, melalui aktivitasnya, melalui organisasi-organisasi yang ia ada di dalamnya, dan melalui amanah-amanah yang diletakan di pundaknya.

satu hal yang pasti tugas mahasiswa “seharusnya” bukanlah hanya belajar dalam konteks jurusan yang ia tekuni. Mahasiswa punya amanah yang jauh lebih besar dari itu. Meskipun tetap dalam konteks “BELAJAR”.

Mahasiswa, mau tidak mau adalah sebuah gelar istimewa karena tidak semua anak Indonesia bisa mendapatkannya. Padahal ” mencerdaskan kehidupan bangsa” adalah cita-cita negeri ini. Hak dari semua anak Indonesia. Tapi, ALLAH hanya mentakdirkan sebagian dari anak Indonesia saja yang mendapatkannya. dan kalian adalah harapan dari sebagian yang lain.

wahai,,,para mahasiswa …sadarkah kalian ..kalau lah biaya kuliah kalianpun di tanggung oleh rakyat ini..lalu…lalu apa yang bisa kalian berikan untuk mereka..????

KAMPUS, tempat belajar banyak hal. miniatur masyarakat yang sesungguhnya. aku bertemu dan kenal banyak orang di tempat ini. tentu dengan karakternya masing-masing. di tempat ini lah seharusnya kita belajar dengan optimal, memanfaatkan setiap kesempatan yang tersedia.

>>>>>>>>>>>>>>>.

apa itu manajemen waktu?apa itu amanah? apa itu tanggungjawab? apa itu kekeluargaan? apa itu pertemanan? apa itu kekecewaan? apa itu kebanggaan? apa itu kepuasan? apa itu tawa? apa itu air mata? apa itu lelah? apa itu pengorbanan? apa itu regenerasi? apa itu kewajiban? apa itu uang? apa itu? apa itu? dan apa itu?
itu lah sebagian kecil dari semua tanya yang tercipta dalam otakku..
dan semua pertanyaan-pertanyaan itu perlahan terjawablah sudah…

>>>>>>>>>>

“Siapa itu Mahasiswa?”
mahasiswa sebagai penuntut ilmu.
mahasiswa sebagai organisator.
mahasiswa sebagai da’i.
mahasiswa sebagai seorang pemimpin.
mahasiswa sebagai generasi penerus.
mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat.
mahasiswa sebagai santri.
mahasiswa sebagai pekerja.
mahasiswa sebagai…….??? (masih ada begitu banyak jawaban yang seharusnya mampu di tuliskan oleh seseorang yang menyanang gelar “Mahasiswa”)

>>>>>>

dari dunia ini…aku rasa…sudah ku temukan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. aku katakan..ALLAH begitu menyayangi ku…Ia tahu apa-apa yang tersimpan atau bahkan hanya terlitas di hati…Ia lah yang menjawab semua pertanyaanku dengan caranya…Ia lah yang mengabulkan segala harapan ku…Ia lah yang menghadirkan kebahagiaan dalam hari-hari ku…dan Ia pun lah yang telah menyeka setiap tetesan air mata yang pernah hadir.

dan di saat ini…aku berharap ….Aku ingin segera lulus dari dunia ini..
dunia yang telah banyak memberiku kesempatan untuk belajar…

klo pun aku akan memasuki dunia ini lagi..mungkin tidak di kampus yang sama…terlalu banyak kenangan dan catatan yang telah tertulis di kampus ini…

ada kekecewaan yang terkadang memasak untuk menyeruak…tapi terus aku tahan dengan kebahagiaan2 yang pernah aku dapat…dan tak jarang semua itu membuatku sesak…

Dan itu mungkin karena ambisi atau idealisme ku…yang (terkadang) sulit untuk aku kendalikan. melihat yang tak seharusnya…melihat amanah-amanah yang tak mampu ku tunaikan dengan optimal…melihat orang-orang hanya mau di mengerti dan di perhatikan..tanpa pernah mencoba untuk melakukan yang sebaliknya….melihat orang-orang yang tampak tenang-tenang saja…padahal sangat tahu jelas…klo amanahnya tak mampu ia tunaikan dengan optimal….

aku tahu kita manusia bukan lah malaikat..manusia tempatnya segala salah dan kekurangan bersemayam…tapi yakinlah…mata manusia pun bisa melihat proses…mata manusia pun bisa melihat usaha…terlebih Sang Maha Melihat….Ia Maha Tahu…atas apa2 yang kamu usahakan…

kejengahan itu lah…yang membuat ingin segera lulus dari dunia ini…
dunia yang dari dalam lubuk hatiku …aku sukai…

ya inilah aku…
aku lah Mahasiswa (dengan sifat manusia yang aku miliki…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: